Oleh: Sukaryadi

Praktikum merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam pembelajaran fisika. Namun demikian kadang kita terkendala oleh keterbatasan sarana/prasarana penunjang dalam pelaksanakan praktikum tersebut.

Banyak upaya yang telah dilakukan oleh Bapak/Ibu guru untuk mengatasi hal ini antara lain dengan melakukan modifikasi alat sebagai pengganti. Namun demikian, hal ini masih terkendala jika siswa dituntut untuk mendapatkan data secara kuantitatif.

Pada tulisan saya ini, mencoba memberikan alternatif dalam pelaksanaan praktikum dengan menggunakan Phet Simulator.

Phet Simulator merupakan perangkat lunak praktikum virtual yang diembangkan oleh Universitas Colorado, Amerika Serikat dan di publish secara gratis melalui laman  https://phet.colorado.edu/in/simulations . Kita dapat menggunakannya secara online maupun offline dengan cara mengunduh dari laman tersebut. Ada puluhan simulator untuk pembelajaran Fisika, Kimia, Biologi, Matematika dan Kebumian yang dapat kita gunakan secara gratis baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Untuk fisika sendiri cukup lengkap mulai dari mekanika, gelombang, optik, termodinamika, listrik magnit hingga fisika modern.

Berdasarkan salah satu penelitian yang dilakukan oleh Yuniar Ekawati dan kawan-kawan yang dirilis oleh Jurnal Pendidikan Fisika Unversitas Muhammadiyah Makassar, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Phet Simulator ini.

Sepanjang pengalaman dan pengamatan penulis dalam menggunakan simulator ini, tampak peserta didik tampak sangat tertarik dengan media simulator ini.

Pada kondisi di mana kita menghadapi situasi darurat Covid-19, ini kiranya Phet Simulator dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran untuk membantu siswa dalam melakukan praktikum maupun eksplorasi tanpa harus masuk laboratorium ataupun meninggalkan rumah.

Sukaryadi, guru Fisika di SMA Negeri 1 Karanggede, banyak konsen pada pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK.

By Admin

11 thoughts on “Pemanfaatan Phet Simulator sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Sains di Masa Darurat Covid-19”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *