Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah.

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan dalam bentuk Penilaian atau penilaian harian, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, ujian sekolah, dan ujian sekolah berstandar nasional.

Penilaian yang dilakukan oleh Pendidikan meliputi Penilaian Akhir Semester, Penilaian Akhir Tahun dan Penilaian Akhir Jenjang Pendidikan (Ujian Sekolah).

Dalam rangka menutup kegiatan pembelajaran tahun pelajaran 2019/2020 bagi, SMA Negeri 1 Karanggede siap melaksanakan Penilaian akhir tahun pelajaran 2019/2020 atau biasa disebut PAT. PAT ini akan dilaksanakan tanggal 2 sampai dengan 8 Juni 2020 dan akan diikuti oleh 616 peserta didik kelas X dan XI. PAT tahun ini akan dilaksanakan dengan moda daring, dengan demikian peserta didik tetap dapat mengikuti PAT dari rumah masing-masing.

Panitia telah mempersiapkan sepenuhnya baik perangkat soal maupun pendukung yang lain. SMA Negeri 1 Karanggede juga memberikan subsidi kuota internet kepada peserta didik untuk keperluan mengikuti PAT daring tersebut. Kebijakan ini diambil oleh sekolah agar tidak ada peserta didik yang terkendala oleh keperluan kuota internet.

Pemantauan kegiatan ini akan dilaksanakan oleh panitia, guru mata pelajaran serta wali kelas secara daring juga. Hasil penilaian akhir tahun ini akan digunakan sebagai bagian dari dari nilai yang akan digunakan sebagai syarat penentuan kenaikan kelas sesuai ketentuan yang berlaku.

Kepala SMA Negeri 1 Karanggede, Najamuddin, S.Pd berharap agar pelaksanaan penilaian akhir tahun ini tetap berjalan sebaik mungkin serta tidak ada peserta didik yang terkendala untuk mengikuti hanya karena tidak mempunyai kuota internet. Demikian disampaikan Kepala Sekolah pada rapat koordinasi dalam rangka persiapan akhir PAT tahun pelajaran 2019/2020.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *