Dalam rangka memberikan motivasi kepada siswa kelas XII untuk melanjutkan pendidikannya dan memberikan deskripsi tentang universitas, SMA N 1 Karanggede melaksanakan beberapa sosialisasi dari perguruan tinggi negeri selama bulan Januari dan Februari 2023.

Pelaksanaan sosialisi tersebut terlaksana atas kerjasama ikatan mahasiswa Boyolali, para alumni dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

Aris Subandana, S.Pd., wakil kepala sekolah bidang kurikulum menyatakan bahwa sosialisasi PTN selalu dilaksanakan setiap tahun, guna memberikan gambaran yang lebih dalam kepada siswa tentang sebuah universitas. Karena disampaikan oleh mahasiswa yang sebagian besar merupakan alumni, siswa tidak malu untuk bertanya, mereka interaktif menggali informasi tentang hal-hal yang belum mereka ketahui.

Diawali oleh Ikamaboy, Ikatan mahasiswa Yogyakarta Boyolali di Yogyakarta, pada tanggal 3 Januari 2023 melaksanakan sosialisasi di 9 kelas. Mereka adalah mahasiswa UGM, UNY dan UPN.

Eni Hajar, mahasiswa UNY alumni SMA N 1 Karanggede angkatan 2020 merasa senang bisa memotivasi adik-adik kelasnya. Dia berharap, diantara adik-adik kelasnya ada yang masuk UNY tahun ini.

Selanjutnya, mahasiswa IPB dari Boyolali memberikan sosialisasinya kepada siswa jurusan MIPA pada hari Kamis, 5 Januari 2023. Hadir dalam kegiatan tersebut, Farenta, alumni Angkatan 2019. Selanjutnya, bertempat di masjid sekolah, beberapa mahasiswa UNS, diantaranya M.Agung Izzulhaq, alumni Angkatan 2020, melaksanakan sosialisanya pada tanggal 11 Januari.

Wahid Hidayat, mahasiswa jurusan Tehnik Informatika UNNES yang merupakan alumni Angkatan 2020 bersama beberapa mahasiswa lain memberikan motivasinya pada tanggal 24 Januari.  

Sekolah juga melaksanakan sosialisai kuota eligible 40 % kepada orang tua wali murid guna memberikan gambaran tentang Pendidikan lanjut untuk anak-anaknya. Nantinya, sejumlah 58 siswa program MIPA, 57 siswa program IPS dan 13 siswa dari program BAHASA yang masuk kuota 40% berdasarkan nilai raport semester 1 sampai 5 tersebut berhak mendaftar dengan jalur SNBP 2023.

Beberapa mahasiswa UNDIP menutup rangkaian sosislisasi pada tanggal 8 Februari 2023. Bertempat di masjid sekolah, para siswa antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hadir dalam acar tersebut Desi Imelia, mahasiswa jurusan Fisika dan Bakdiyah , mahasiswa jurusan Perikanan. Keduanya merupakan alumni Angkatan 2020.

Drs. Sarana, Kepala Sekolah SMA N 1 Karanggede, berharap jumlah siswa yang melanjutkan kuliah meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Semoga target 25 siswa bisa masuk universitas melalui jalur SNBP dapat tercapai.