Diklat Calon Taruna Paskibra Viyada Prayottama  diselenggarakan di SMA N 1 Karanggede pada tanggal 27 s.d. 29 Januari 2023. Kegiatan ini  mengangkat tema menumbuhkan Kedisiplinan, rasa kekeluargaan, dan melatih Kepemimpinan. Kegiatan diikuti oleh semua anggota Ekstrakurikuler Paskibra kelas 11 yang berjumlah 39 peserta yang terdiri dari 9 putra dan 30 putri.

Diklat ini merupakan salah satu syarat menjadi Taruna Paskibra Viyada Prayottama. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendidikan diantaranya  Kepemimpinan, Sejarah Paskibra Viyada Prayottama, Kedisiplinan, Kode Etik Paskibra,  Manajemen Organisasi, Anti Narkoba dan Bela Negara kepada para calon Taruna Paskibra. Setelah berhasil menyelesaikan diklat ini, para calon Taruna Paskibra berhak untuk menggunakan seluruh atribut Paskibra Viyada Prayottama.

Sebelum mengikuti diklat, para peserta wajib mengikuti pelatihan paskibra pada waktu yang telah dijadwalkan. Hal ini berguna untuk memberikan latihan secara fisik dan mental sebagai bekal para peserta untuk mengikuti Diklat. Setelah resmi dinyatakan sebagai Taruna Paskibra Viyada Prayottama, mereka diberikan amanah untuk memegang banyak tanggung jawab, salah satunya kegiatan  Pengibaran Sang Saka Merah Putih.