SMA Negeri 1 Karanggede senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengadakan pelatihan Smart Classroom. Pelatihan ini merupakan implementasi sekolah dalam merespon program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui pemberian bantuan Paket Smart Classroom. Program ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan pengajar dalam memanfaatkan teknologi digital di kelas, guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 51 guru dan diselenggarakan di ruang multimedia SMA N 1 Karanggede, Pembelajaran berbasis cloud ini memperkenalkan penggunaan smartboard, tablet, dan berbagai aplikasi yang memungkinkan guru untuk menyampaikan materi secara lebih dinamis dan melibatkan siswa secara aktif.

Dalam pelatihan ini, para guru belajar bagaimana cara merancang dan menyampaikan materi pembelajaran menggunakan teknologi canggih seperti Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Mereka juga diajarkan cara mengintegrasikan teknologi dengan kurikulum yang ada untuk meningkatkan partisipasi siswa dan memfasilitasi pembelajaran berbasis proyek serta kolaboratif. Tri Dianita Rully, S.Pd, salah satu narasumber, mengungkapkan bahwa pelatihan ini memberikan wawasan baru tentang cara mengajar yang lebih modern dan efektif. “Kami diajarkan cara menggunakan smartboard untuk membuat presentasi yang interaktif dan bagaimana memanfaatkan aplikasi pendidikan untuk membuat kuis dan tugas yang lebih menarik bagi siswa,”.

Adapun salah satu sesi pelatihan yang diperagakan oleh Aziz Purnomo, S.Pd mendapat perhatian khusus karena penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran sains. Dengan VR, para guru diajarkan cara membawa siswa mereka ke dalam simulasi laboratorium atau ekosistem virtual, yang memungkinkan mereka untuk memahami konsep-konsep ilmiah dengan cara yang lebih konkret dan menarik. Dengan berakhirnya pelatihan ini, SMA Negeri 1 Karanggede berharap para guru dapat segera menerapkan ilmu yang telah didapatkan dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Ke depan, sekolah ini berencana untuk terus mengembangkan penggunaan teknologi dalam pendidikan dan menjadikan SMA Negeri 1 Karanggede sebagai salah satu sekolah unggulan di bidang pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.